6
Pada masa
Uthma/l bill AUall
-
khalifah keliga yang memerimah pada Ih.644-655 M.- ayal-ayal yang lelah lcrkumpul, dilUIi;
kembali dan dihimpun dalanl bentuk mushaf yang dapal dipenanggung jawabkan.
Penghimpunan dan penuli,an yang diprakarsai Ulhman inilah yang menjadi cika l bakal AI Quean Mandar. Dan sepeni kita
kelahui, bahwa AI Qur'an pada masa lersebul diluli s dengan
style KuJall
dengan lidak mempunyai tanda-Ianda baca
(
lwrakat).
Pada masa
Abdul Malik bill Marwall
(6 5-705
M) sejalan dengan makin melun! nya wilayah kekuasaan Islam. dan
pemeluknya bukan hanya lerdiri dari bangsa Arab saja. AI Qur'an makin disempumakan dengan memberikan landa-landa
sepeni litik di bawah dan alau di atas huruf. sena harakal dan tanda-landa lainnya unluk tanda panJang. pendek dan
sebagainya, guna menghindari ke,alahan dalam pembacaan maupun pemaknaannya. Kemudian terbenlukl ah gejala umum
dimana Seni Islam juga menyerap seni yang bermualan lokal selama hal iru dapal mendukung dan lidak benemangan dengan
pandangan hidup Islam yang be"umber pada AI Qur'an. Dengan demikian berkembanglah perpaduan sem blam dengan
unsur lokal dari mulai Arabia, Mesir. Spanyol. Bizantium, Asia lennasuk Indi a dan Cina. dan lentunya juga Indonesia . Jika
kila lelaah. unsur lokal tadi scluruhnya berpadu dengan hakikal seni Is lam yang berbasi, pada "Tauhid" yang merupakan
acuan jalidiri senl Islam yang paling hakilci.
PEMBUATAN SENI MUSHAF
Adalah merupakan perpaduan kell1dahan amara kehandalan para
KIlallll1
(
kaligrafer) dan
F{IIIIIOIi al
~akhrof)
(
iluminalor ),
yang pada ha>il akhirnya dapal menampilkan eni Mushaf yang sempurna dan monumemal .
Berbicara mengenai Seni Mushaf, mUllak umuk menyebul nama-nama besar para kaligrafer (khanal ) sepeni
Ibnll Muqlah.
Ibllu al 8all'lI'ab, dan YaquI al-Musla,himi
(
abad XIII), keliganya dari Irak sebagai perimi s penulisan AI Qur'an. edangl..an